sistem komputer

SOAL

 1.Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Memori?                  2.Jelaskan apaperbedaan antara RAM dan ROM!                      3.Sebutkan Hirarki dari sistem memori!                                      4.Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Outboard Storage?    5.Sebutkan jenis-jenis dari inboard memori!


JAWABAN
Hierarki dan Karakteristik Sistem Memori
Hirarki memori dalam arsitektur komputer adalah sebuah pedoman yang di lakukan oleh para perancang demi menyeryakan kapasitas, waktu akses dan harga memori untuk tiap bitnya. Hirarki memori itu sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni:

a.Hirarki Tradisional
b.Hirarki Memori kontemporer
Apa yang dimaksud dengan Memory , Jenis-jenis Memory, Fungsi Memory, dan Bagaimana cara Perhitungan pada main Memory?


Memory adalah Perangkat Keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data dan intruksi.Semakin besar memori yang di sediakan,semakin banyak data maupun intruksi yang dapat di olahnya.Memory berfungsi sebagai media penyimpanan data,Kecuali memory sekunder (harddisk),memory juga menyimpan instruksi komputer dari program yang sedang di jalankan.Ada beberapa jenis memory berdasarkan tingkat kecepatannya:
1.           Register
2.           cache memory
3.           main memory
4.           memory sekunder
Register berada pada processor atau dapat di katakan sebagai memory internal memory processor. Merupakan jenis memory yang paling cepat. Cache memory merupakan memory perantara untuk meningkatkan kecepatan komputer. Sedangkan Memory Sekunder lebih di tujukan pada penyimpanan data dalam jangka panjang contohnya Harddisk.

Main memory di sebut memory utama karena di gunakan sebagai ruang memory utama untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang berjalan. Setiap komputer memiliki RAM dalam ukuran tertentu. Semakin besar ukuran RAM, semakin banyak instruksi dan data yang dapat di simpan pada satu saat. Memory di ukur dalam satuan Byte. Processor mengambil data dan instruksi dari RAM, memproses nya dan menuliskan data baru kembali ke RAM dalam siklus yang berulang-ulang. Kegiatan pemindahan data antara processor dan RAM terjadi jutaan kali perDetik.

Berdasarkan cara penyimpanan data, RAM terbagi menajdi 2, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Static RAM dapat mempertahankan data di dalamnya tanpa perlu di segerakan secara berkala. Sedangkan Dynamic RAM (DRAM) peru di segarakansecara berkala untuk mempertahankan isinya. Penyegaran berkala tersebut membuat DRAM lebih lambat dari pada SRAM.

1.           ROM (Read Only Memory)
          ROM adalah memory yang hanya dapat di baca, tidak dapat di hapus dan sudah di isi oleh pabrik pembuat komputer (Tidak bisa di setting kembali). Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Perintah pada ROM sebagian akan di pindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain :
            * Perintah untuk membaca sistem operasi dari disk.
            * Perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unit sistem.
            * Perintah untuk menampilkan pesan di layar.


Perkembangan ROM (REad Only Memory)
·                     PROM (Programable ROM) Yaitu, ROM yang bisa kita program kebali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan, setelah itu tidak dapat lagi di program.
·                     RPROM (Re-Programble ROM) merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai yang di inginkan.
·                     EPROM (Erasable Program ROM) Merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
·                     EEPROM (Electrically Erasable Program ROM) Perkambangn mutakhir dari ROM, dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak di gunakan saaat ini.

       2.   RAM (Random Acces Memory)
             RAM adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer di jalankan dan dapat di  acces secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah Mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang Anda miliki, semakin cepat lah komputer yang Anda miliki.
           Jenis Memory RAM :
·                     EDORAM (Extended Data Out RAM)
·                     SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
·                     DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
·                     RDRAM (Rombus Dynamic RAM)

Perkembangan RAM (Random Acces Memory)
·                     RAM, Merupakan memory pertama di dunia yang di kembangkan oleh perusahaan intel pada tahun 1968.
·                     DRAM,Dua tahun setelah itu IBM meluncurkan RAM juga pada tahun 1970 dan di beri label Dynamic Random Acces Memory.
·                     FP RAM, (Fast Page Mode DRAM) atau di singkat dengan FPM DRAM di temukan sekitar tahun 1987 atau yang lebih sering di kenal dengan nama FPM. FPM ini memingkinkn transfer data yang lebih cepat pada baris (row) yang sama dari jenis memory sebelumnya. FPM berkerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan acces time sekitar 50ns. Selain itu FPM mampu mengolah transfer data (bandwitch) sebesar 188,71MB per Detiknya.
·                     EDO RAM, Tahun 1995 di buatlah Extended Data Output Dynamic Random Acces Memory (EDO DRAM) yang merupakn penyempurnaan dari FPM, dia mempunyai kecepatan acces 50ns.
·                     SDRAM PC66, Pada awal tahun 1996 hingga akhir 1997 Synchronous Dynamic Random Acces Memory (SDRAM). SDRAM ini kemudian lebih di kenal dengan PC66, karena bekerja pada frekuensi bus 66MHz, ini biasanya terdapat pada komputer pentium 2-3, dan dia memiliki sifat membutuhkan tenaga yang cukup besar.
·                     SDRAM PC 100, Sama seperti SDRAM, SDRAM PC100 bekerja untuk komputer pentium 2 pada bus 100MHz. Karena bus sistem bekerja pada frekuensi 100MHz, sementara intel tetap menginginkan untuk menggunakan sistem memory SDRAM, maka dikembangkanlah memory SDRAM yang dapat bekerja pada frekuensi bus 100MHz.
·                     DR RAM, Tahun 1999, Rambus membuat sistem memory yang di beri nama Direct Rambus Dynamic Acces Memory, mampu mengalirkan data sebesar 1,6GB per detiknya (1 GB=1000MHz).
·                     RDRAM PC800, Pada tahun yang sama Rambus juga mengembangkan memory nya menjadi RDRAM PC800 dengan tegangan 2,5 volt.
·                     SDRAM PC133, Memory ini di kembangkan pada tahun 1999, memory SDRAM belum lah ditinggalkan begitu saja, bahkan oleh Viking, malah semakin di tingkatkan kemampuannya.Sesuai dengan namanya memory SDRAM PC133 ini bekerja pada bus ber-frekuensi 133MHz dengan acces time sebesar 7,5ns.
·                     SDRAM PC150, Pada tahun 2000, SDRAM mulai di kembangkan dimana memory pada saat ini bisa di pergunakan pada frekuensi 150MHz.
·                     DDR SDRAM, Di tahun yang sama tahun 2000, SDRAM di kuatkan hingga 2 x lipat. Jika pada SDRAM biasa hanya mampus menjalankan baris perintah atau instruksi sekali setiap satu-satuan waktu frekuensi bus, maka DDR SDRAM mampu menjalankan 2 instruksi sekalian dalam satuan waktu yang sama. Tekhnik yang di gunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi.
·                     DDR RAM, Pada tahun yang sama Intel dan AMD bersaing dengan kuat dan ketat dalam meningkatkan performa kecepatan CPU. Namun menemui hambatan, karena ketika meningkatkan memory bus ke 133MHz kebutuhan memory (RAM) akan lebih besar.
·                     DDR2 RAM, DDR2 adalah memory yang paling banyak beredar saat ini di pasaran, terbukti komputer ber-pentium 4 keatas banyak menggunakan jenis memory ini. Penggunaan ini banyak di pergunakan karena memory jenis ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 1,8 volt. Sehingga dapat menghemat performa listrik / tegangan yang masuk ke komputer, RAM jenis ini dikembangkan pada tahun 2005.
·                     DDR3 RAM, pada tahun 2007 akhir Intel mengembangkan memory dengan label DDR3, dengan penggunaan daya listrik 1,5 volt membuat memory jenis ini lebih memukau, karena kecepatan membaca nya sangat cepat di bandung beberapa memory hasil evolusi RAM sebelumnya.


Hallo!, selamat datang!. Pada artikel ini kami akan mengulas mengenai pengertian dan perbedaan RAM dan ROM, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian dan Perbedaan RAM dan ROM
Apa Arti RAM?
RAM yang kepanjangannya Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang merupakan salah satu media penyimpanan yang bersifat penyimpanan sementara. Bersifat sementara karena RAM tidak menyimpan data yang ada di dalamnya setelah daya/listrik pada komputer mati.
Fungsi RAM yaitu menyalin data/program dari harddisk yang kemudian akan diproses oleh CPU, dan menyalurkan data/program yang akan diolah oleh CPU ke Cache Memory. RAM menyimpan data dan program-program yang sedang berjalan, minimize, dan yang sedang berjalan di latar belakang.

RAM memiliki kemampuan transfer data yang lebih cepat dibandingkan perangkat penyimpanan lainnya. Semakin tinggi kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah komputer, maka semakin baik performa dan kinerja komputer, karena mampu menyimpan banyak proses yang dijalankan CPU.

Apa Arti ROM?
ROM yang kepanjangannya Read Only Memory adalah perangkat keras komputer yang merupakan media penyimpanan yang bersifat hanya bisa dibaca dan data yang disimpan didalamnya permanen. Permanen artinya data yang ada pada ROM tidak akan hilang meskipun daya pada komputer hilang/mati.
Biasanya ROM sudah diisi program/data oleh pabrik pembuatnya. Contohnya ROM BIOS, ROM ini sudah berisikan program dasar sistem komputer sejak diproduksi, fungsinya mengatur atau mempersiapkan data dan program yang akan dijalankan saat pertama kali komputer dihidupkan (Boot).
Media penyimpanan ROM sangat mirip dengan CD-ROM yang mana CD-ROM juga media penyimpanan yang tidak bisa dihapus dan ditulisi ulang atau data yang ada di dalamnya permanen.
http://www.kuliah.info/2016/02/pengertian-dan-peberdaan-ram-dan-rom.html
Memori adalah sebuah bagian dari komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data/informasi yang nantinya akan dibutuhkan oleh komputer,memori pada komputer juga biasa disebut dengan storage,computer memory dll.Memori pada komputer dapat menyimpan data sementara dan permanen ada yang bersifat volatile (yaitu memori yang datanya dapat ditulis dan dihapus tapi data akan hilang jika kehilangan tenaga/power) dan non-volatile (yaitu memori yang datanya dapat ditulis dan dihapus dan tidak akan hilang walaupun kehilangan tenaga/power) dan juga memori dengan kecepatan akses yang tinggi dan rendah.

Memori dalam komputer juga memiliki beberapa tingkatan yaitu hirarki memori/computer hierarchy.Hirarki memori adalah sebuah pedoman yang dilakukan oleh para perancang demi menyetarakan kapasitas,waktu akses dan harga memori tiap bitnya.Hirarki memori disusun berdasarkan :

Susunan hirarki memori komputer

·                     Waktu akses (semakin ke bawah semakin lambat,semakin ke atas semakin cepat)
·                     Kapasitas (semakin ke bawah semaik besar,semakin ke atas semakin kecil)
·                     Jarak dengan prosessor (semakin ke bawah semakin jauh semakin ke atas semakin cepat)
·                     Harga memori tiap bitnya (semakin ke bawah semakin murah semakin keatas semakin mahal)
Berikut akan saya jelaskan lebih lengkap tentang hirarki memori berikut :

1.Inboard Memori

Adalah memori yang dapat diakses langsung oleh prosessor memori ini dibagi menjadi 3 :
·                     Register memori
                                               

Adalah memori berukuran kecil yang memiliki kecepatan akses yang tinggi.Register ini digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara itu data lain yang belum diproses akan tersimpan di dalam main memory menunggu untuk diproses.Register memiliki bagian-bagian sebagai berikut :
·                     Instruction Register (IR) berfungsi untuk menyimpan instruksi yang di proses
·                     Program Counter (PC) berfungsi untuk menyimpan alamat lokasi main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses
·                     General purpose register memiliki berbagai ungsi yang berhubungan dengan data yang sedang di proses misal menampung data yang sedang diolah dan manampung hasil olahan
·                     Memory Data Register (MDR) berfungsi untuk menampung data/instruksi yang dikirimkan dari main memory ke CPU/menampung data yang akan disimpan ke main memory
·                     Memory Address Register (MAR) berfungsi untuk menampung alamat data/instruksi pada main memory yang akan diambil/diletakkan
·                     Chache memory
                            

Memori berkecepatan tinggi yang sifat nya sementara.Fungsi dari chache memory adalah tempat menyimpan data/instruksi sementara yang diperlukan prosessor jadi chache memori ini berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer kerena chace menyimpan data/informasi yang telah diakses oleh suatu buffer sehingga meringankan kinerja komputer.

Cara kerja memori chache,jika prosessor membutuhkan data pertama dia akan mencarinya di chache memori,jika data ditemukan prosesor akan membacanya dengan delay yang sangat kecil, jika data tidak ditemukan maka prosessor akan mencarinya pada RAM yang kecepatannya lebih rendah.Pada dasarnya chace memori dapat memberikan data yang dibutuhkan prosessor sehingga kinerja RAM yang lambat dapat dikurangi.

·                     Main Memory
Adalah memori utama dalam komputer dalam bentuk array yang disusun word/byte,kapasitas susunan bisa samai 1 juta susunan.Memori utama digunakan sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU/perangkat I/O.Memori Utama terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :
·                     Read Only Memory (ROM) adalah memori yang hanya bisa dibaca biasanya terpasang pada BIOS(Basic Input Output System) yang terpasang pada motherboard 
·                     Random Acces Memory (RAM) adalah memori tempat penyimpanan data smentara pada saat komputer dijalankan dan diakses secara acak/random.Semakin besar kapasitas RAM semakin cepat pula kinerja komputer,berbeda dengan ROM,RAM dapat ditulis dan dihapus ram memiliki beberapa jenis yaitu : SRAM,EDORAM,SDRAM,DDRAM,RDRAM dan VGRAM 

2.Outboard Storage

Adalah memori berkapasitas besar yang bersifat non-volatile atau tidak akan hilang walau kehilangan power/daya.

·                     Magnetic Disk
Adalah piringan bundar yang terbuat dari bahan tertentu dengan permukaan dilapisi bahan magnetic.Mekanisme baca/tulis yang digunakan disebut head/kumparan pengkonduksi selama operasi penulisan dan pembacaan head bersifat stationer sedangkan piringan yang bergerak dibawahnya biasanya menggantung diatas permukaan dantertahan pada bantalan udara.

·                     CD/DVD-ROM
Sebuah piringan kompak dari piringan optik/optical disk yang dapat menyimpan data.CD/DVD-ROM dapat membaca CD atau DVD.

3.Offline Storage
Penyimpanan dengan akses yang paling lambat karena mengunakan pita magnetik contoh dari Offline Storage adalah :
·                     Magnetic Tape
Adalah model utama dari secondary memori yang juga dipakai untuk alat I/O dimana informasi dimasukkan kedalam CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan ke tape lainnya.
http://informatikateknologi.blogspot.co.id/2015/06/sistem-hirarki-pada-komputer.html
Memori adalah bagian dari komputer yang digunakan untuk menyimpan program – program dan data – data disimpan, sehingga data akan diolah menjadi suatu data hasil olahan atau sistem informasi yang akan di outputkan, sedangkan program atau intruksi digunakan untuk mengolah data tersebut.Hierarki dari memori dapat digambarkan sebagai berikut:
                         

11. Inboard Memori.
Inboard memori adalah memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor Inboard memori dibagi menjadi 3:
aa. Register Memori.
Merupakan jenis memori dengan kecepatan akses yang paling cepat , memori ini terdapat pada CPU/ prosesor.
Contoh : Register Data, Register Alamat, Stack Pointer Register, Memori Addres Register, Instruction Register, dll.
bb. Cache Memori.
Meupakan memori berkapasitas kecil yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori terletak antara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditingakan.
Cache Memory ini ada dua macam yaitu :
11. Cache Memory yang terdapat pada internal Processor , chace memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, dan harganya sangat mahal. Hal ini bisa terlihat pada Processor yang berharga mahal seperti P4,P3,AMD-Athlon dll, semakin tinggi kapasitas L1,L2 Chace memori maka semakin mahal dan semakin cepat Processor.
22. Chace Memory yang terdapat diluar Processor, yaitu berada pada MotherBoard, memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, meskipun tidak secepat chache memori jenis pertama ( yang ada pada internal Processor ). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat. Hal ini bisa kita lihat pada Motherboard dengan beraneka ragam kapasitas chace memory yaitu 256kb, 512kb, 1Mb, 2Mb dll.
cc. Memori utama
Memori Utama Memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis Memori Utama :
11. ROM ( Read Only memory) yaitu memory yang hanya bisa dibaca saja datanya atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada Mother Board yang berfungsi untuk men-setting peripheral yang ada pada system. Contoh: AMIBIOS, AWARD BIOS, dll. ROM untuk BIOS terdapat beragam jenis diantaranya jenis Flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan untuk dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahhan pembuat Mother Board, yang umumnya penggantian tersebut untuk peningkatan unjuk kerja dari peripheral yang ada di Mother Board.
22. RAM (Random Acces Memory) yang memiliki kemampuan untuk dirubah data atau program yang tersimpan didalamnya. Ada bebrapa jenis RAM yang ada dipasaran saat ini :
·
  • EDORAM (Extended Data Out RAM)
  • SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
  • DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
  • RDRAM (Rombus Dynamic RAM)
·
22. Outboard Storage
Outboard Storage adalah penyimpanan yang memiliki kapasitas lebih besar dari pada inboard memori, dan bersifat non-voltaile, serta digunakan dalam kurun waktutertentu. Contoh dari outboard storage ini antara lain:
aa. Magnetic Disk
Adalah simpana luar yang terbuat dari satu atau lebih pringan yang bentuknya seperti piringan hitam yang terbuat dari metal atau dari plastik dan permukaannya dilapisi dengan magnet iron-oxide, dan memiliki Read/Write protect notch ( lubang proteksi baca dan tulis ).
bb. Hard Disk
Terbuat dari piringan keras dari bahan alumunium atau keramik yang dilapisi dengan zat magnetik kapasitas dari hard disk berkisar antara 5 megabyte sampai 1 gigabyte.saat ini komputer telah menggunakan kapasitas hard disk hingga 80 gigabyte lebih.
33. Off-line Storage
Off-line storage tergolong dalam penyimpana yang lambat karena masih menggunakan pita magnetik. Riskannya penggunakan dana lama masa pakai membuat jenis penyimpanan ini saangat jarang digunakan. Contoh :
1.Register1. Cardride tape.
2. WORM, dll.
Tipe Memori, Waktu dan Pengontrolan.
Tipe memori berdasarkan tempat dan pengaksesan prosesor dibedakan menjadi:
Main Memory
Chache Memory
Memori Eksternal
Magnetik Disk
Floppy Disk
IDE Disk
SCSI Disk
RAID
Optical Disk
CDROM
CD-R
CD-RW
DVD Pita Magnetik


Pengontrolan memori dapat dijabarkan :
1.                  Sequential access
Memori diorganisasi menjadi unit unit data yang disebut record.Akses harus dibuat dalam bentuk urutan linier yang spesifik. Informasi pengalamatan yang disimpan dipakai untuk memisahkan record record dan untuk membantu proses pencarian.Terdapat shared read/write mechanism untuk penulisan/pembacaan memorinya. Pita magnetik merupakan memori yang menggunakan metode sequential access.
2.                  Direct access
Sama sequential access terdapat shared read/write mechanism. Setiap blok dan record memiliki alamat unik berdasarkan lokasi fisiknya. Akses dilakukan langsung pada alamat memori. Disk adalah memori direct access
3.                  Random access
Setiap lokasi memori dipilih secara random dan diakses serta dialamati secara langsung. Contohnya adalah memori utama.
4.                  Associative access
Jenis random akses yang memungkinkan pembandingan lokasi bit yang diinginkan untuk pencocokan. Data dicari berdasarkan isinya bukan alamatnya dalam memori. Contoh memori ini adalah cache memori
Waktu akses memori dapat dijabarkan :
1.                  Access time
Bagi random access memory, waktu akses adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan operasi baca atau tulis. Memori non-random akses merupakan waktu yang dibutuhkan dalam melakukan mekanisme baca atau tulis pada lokasi tertentu.
2.                  Memory cycle time
Konsep ini digunakan pada random access memory terdiri dari access time ditambah dengan waktu yang diperlukan transient agar hilang pada saluran sinyal.
3.                  Transfer rate
Kecepatan data transfer ke unit memori atau dari unit memori.
1.Random access memory sama dengan 1/(cycle time).
2. Non-random access memory dengan perumusan :
TN = TA + (N/R)
TN = waktu rata rata untuk membaca atau menulis N bit
TA = waktu akses rata rata
N = jumlah bit
R = kecepatan transfer dalam bit per detik (bps)
http://informatikateknologi.blogspot.co.id/2015/06/sistem-hirarki-pada-komputer.html
Konsep dasar memori eksternal adalah :Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal biasa disebut juga memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama.
Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.
BERBAGAI JENIS MEMORY EKSTERNAL
1.    Berdasarkan Jenis Akses Data
Berdasarkan jenis aksesnya memori eksternal dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu :
a.     DASD (Direct Access Storage Device) di mana ia mempunyai akses langsung terhadap data.
Contoh :
1.     Magnetik (floppy disk, hard disk).
2.     Removeable hard disk (Zip disk, Flash disk).
3.     3. Optical Disk.
b.     SASD (Sequential Access Storage Device) : Akses data secara tidak langsung (berurutan), seperti pita magnetik.

2.    Berdasarkan Karakteristik Bahan
Berdasarkan karakteristik bahan pembuatannya, memori eksternal digolongkan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut:
a.     Punched Card atau kartu berlubang
Merupakan kartu kecil berisi lubang-lubang yang menggambarkan berbagai instruksi atau data. Kartu ini dibaca melalui puch card reader yang sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1979.
b.     Magnetic Disk
Magnetic Disk merupakan disk yang terbuat dari bahan yang bersifat magnetik, Contoh : floppy dan harddisk.
c.      Optical Disk
Optical disk terbuat dari bahan-bahan optik, seperti dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium.
Contoh : CD dan DVD
d.     Magnetic Tape
Sedangkan magnetik tape, terbuat dari bahan yang bersifat magnetik tetapi berbentuk pita, seperti halnya pita kaset tape recorder.
MEMORI EKSTERNAL
Merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program.
Contoh: Hardisk, Floppy Disk dllHubungan antara Chace Memori, Memori Utama dan Memori eksternal dapat di lihat pada gambar berikut :
Konsep dasar memori eksternal adalah penyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak.Memori eksternal biasa disebut juga memori eksternal yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. Memori eksternal mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.
Magnetik Disk
Disk adalah piringan bundar yang terbuat dari bahan tertentu (logam atau plastik) dengan permukaan dilapisi bahan yang dapat di magnetisasi. Mekanisme baca/tulis menggunakan kepala baca atau tulis yang disebut head, merupakan komparan pengkonduksi (conducting coil). Desain fisiknya, head bersifat stasioner sedangkan piringan disk berputar sesuai kontrolnya. Layout data pada disk diperlihatkan pada gambar 1.1 dan gambar 1.2. Terdapat dua metode layout data pada disk, yaitu constant angular velocity dan multiple zoned recording. Disk diorganisasi dalam bentuk cincin – cincin konsentris yang disebut track. Tiap track pada disk dipisahkan oleh gap. Fungsi gap untuk mencegah atau mengurangi kesalahan pembacaan maupun penulisan yang disebabkan melesetnya head atau karena interferensi medan magnet. Sejumlah bit yang sama akan menempati track – track yang tersedia. Semakin ke dalam disk maka kerapatan (density) disk akan bertambah besar. Data dikirim ke memori ini dalam bentuk blok, umumnya blok lebih kecil kapasitasnya daripada track. Blok – blok data disimpan dalam disk yang berukuran blok, yang disebut sector. Sehingga track biasanya terisi beberapa sector, umumnya 10 hingga 100 sector tiap tracknya. Bagaimana mekanisme membacaan maupun penulisan pada disk ? Head harus bisa mengidentifikasi titik awal atau posisi – posisi sector maupun track.
Caranya data yang disimpan akan diberi header data tambahan yang menginformasikan letak sector dan track suatu data. Tambahan header data ini hanya digunakan oleh sistem disk drive saja tanpa bisa diakses oleh pengguna.
Header data yang digunakan disk drive menemukan letak sector dan tracknya. Byte SYNCH adalah pola bit yang menandakan awal field data.
Karakteristik Magnetik Disk
Saat ini sesuai kekhususan penggunaan telah beredar berbagai macam magnetik disk. Tabel 1.1 menyajikan daftar katakteristik utama dari berbagai jenis disk.
Tabel 1.1 Karakteristik magnetik disk
Karakteristik
Macam
Gerakan head
1. Fixed head (satu per track)
2. Movable head (satu per surface)
Portabilitas disk
1. Nonremovable disk
2. Removable disk
Sides
1. Single-sided
2. Double-sided
Platters
1. Single-platter
2. Multiple-platter
Mekanisme head
1. Contact (floppy)
2. Fixed gap
3. Aerodynamic gap (Winchester)
Berdasarkan gerakan head, terdapat dua macam jenis yaitu head tetap (fixed head) dan head bergerak (movable head) seperti terlihat pada gambar 1.4. Pada head tetap setiap track memiliki kepala head sendiri, sedangkan pada head bergerak, satu kepala head digunakan untuk beberapa track dalam satu muka disk. Mekanisme dalam head bergerak adalah lengan head bergerak menuju track yang diinginkan berdasarkan perintah dari disk drive-nya.
Karakteristik disk berdasar portabilitasnya dibagi menjadi disk yang tetap (nonremovable disk) dan disk yang dapat dipindah (removable disk). Keuntungan disk yang dapat dipindah atau diganti – ganti adalah tidak terbatas dengan kapasitas disk dan lebih fleksibel. Karakteristik lainnya berdasar sides atau muka sisinya adalah satu sisi disk (single sides) dan dua muka disk (double sides). Kemudian berdasarkan jumlah piringannya (platters), dibagi menjadi satu piringan (single platter) dan banyak piringan (multiple platter). Gambar disk dengan multiple platter.

Terakhir, mekanisme head membagi disk menjadi tiga macam, yaitu head yang menyentuh disk (contact) seperti pada floppy disk, head yang mempunyai celah utara tetap maupun yang tidak tetap tergantung medan magnetnya. Celah atau jarak head dengan disk tergantung kepadatan datanya, semakin padat datanya dibutuhkan jarak head yang semakin dekat, namun semakin dekat head maka faktor resikonya semakin besar, yaitu terjadinya kesalahan baca. Teknologi Winchester dari IBM mengantisipasi masalah celah head diatas dengan model head aerodinamik. Head berbentuk lembaran timah yang berada dipermukaan disk apabila tidak bergerak, seiring perputaran disk maka disk akan mengangkat headnya. Istilah Winchester dikenalkan IBM pada model disk 3340-nya. Model ini merupakan removable disk pack dengan head yang dibungkus di dalam pack. Sekarang istilah Winchester digunakan oleh sembarang disk drive yang dibungkus pack dan memakai rancangan head aerodinamis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian windows server beserta kelebihan dan kekurangan